Minggu, 22 Mei 2011

PELUPA PADAHAL MASIH MUDA

Menurut penelitian, kehilangan memori kecil bisa disebabkan diantaranya yaitu :
1.Depresi
Depresi sering menyebabkan keputusasaan dan kurangnya minat pada hal – hal sekitar. Kadang orang – orang seperti ini sering ada pada dunia dan fikirannya sendiri. Mereka juga kerap memikirkan kenangan masa lalu dan terlalu khawatir dengan masa depannya.
2.Stres
Ketika stres, tubuh mengalami hal diluar kewajaran. Stres juga menandakan kemungkinan otak bekerja keras sehingga dapat memperlambat proses encoding, menyimpan dan mengingat informasi dalam otak. Jika masalahnya dikarenakan ini, hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan lupa itu adalah dengan menghilangkan stres terlebih dahulu. Caranya, sebisa mungkin selesai masalah anda, tidur cukup dan pergilah refreshing dengan berjalan – jalan atau olahraga.
3.Overload
Sebuah penelitian klinis di Glasgow menyatakan, orang menjadi lebih pelupa dikarenakan gaya hidupnya sibuk dan kelebihan informasi.
4.Tiroid
Gangguan tiroid seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme telah di ketahui mempengaruhi (kebingungan) mental dan ketidakmampuan mengingat hal – hal untuk waktu yang lama.

5.Kurang Tidur
Kurang tidur juga dapat menyebabkan lupa. Namun biasanya yang memicu kurang tidur ini adalah stres. Ketika anda stres fikiran anda lebih fokus pada masalah dan itulah yang membuat anda kehilangan nafsu untuk tidur.
6.Diet
Salah satu yang menyebabkan anda kehilangan memori bisa jadi karena diet yang buruk. Diet yang tidak tepat bisa membuat tubuh kekurangan vitamin esensial dan gizi.
7.Alkohol dan Narkoba
Alkohol dan narkoba merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan kelupaan. Ketika seseorang benar – benar mabuk, dia tidak akan pernah ingat apa yang diceritakan atau dijelaskannya.
8.Trauma Fisik atau Emosional
Trauma fisik bisa terjadi karena cedera kepala, dari kecelakaan mobil atau sejenisnya. Trauma tersebut dapat mempengaruhi otak yang merupakan pusat memori, kecerdasan emosi dan lain – lain sehingga anda kehilangan memori secara tiba – tiba.
9.Alzheimer
Jika salah satu penyebab lupa adalah akibat kondisi medis yang serius, maka itu bisa jadi dikarenakan alzheimer. Penyakit ini bisa menyebabkan hilangnya memori, bahasa dan kemampuan kogniktif anda, juga mempengaruhi kesehatan mental.
10.Penyebab Lain
Mudah lupa bisa disebabkan oleh gangguan supply oksigen ke otak, epilepsi, multipel sclerosis atau penyakit parkinson dan meningitis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar