Minggu, 22 Mei 2011

10 TANDA PENGLIHATAN SI KECIL BERMASALAH

Kalau anda menemukan satu saja dari tanda – tanda berikut pada anak, segera jadwalkan pemeriksaan mata secara menyeluruh.
1.Memicing – micingkan mata
Melihat sesuatu dengan memicing – micingkan mata memang dapat membantu mengurangi ukuran gambar kabur di belakang retina.
2.Memiringkan kepala
Memiringkan kepala dapat menjadi tanda bahwa anak mengalami gangguan strabismus di mana otot – otot matanya tidak seimbang.
3.Duduk terlalu dekat saat menonton televisi
Duduk terlalu dekat saat menonton tv atau menunduk saat membaca seringkali merupakan tanda rabun jauh. Penderita rabun jauh umumnya mampu melihat jelas dari jarak dekat, namun memburuk saat melihat dari jarak jauh.
4.Ada yang terlewat saat membaca
Kalau ada baris yang terlewat atau ia kehilangan sebagian teks saat membaca berarti ada gangguan penglihatan berupa gangguan astigmatisma atau strabismus.
5.Menutup sebelah mata saat membaca atau menonton teve
Dengan menutup sebelah matanya saat membaca, anak merasa penglihatanya tidak terganggu. Padahal tidak segera di koreksi dapat meningkatkan resiko amblyopia. Menutup sebelah mata juga merupakan tanda adanya penglhatan ganda karena strabismus atau katarak.
6.Gampang keluar air mata
Opthalmos atau kondisi yang menyebabkan mata menjadi kering karena saat malam hari kelopak mata tidak menutup secara sempurna ketika tidur sering dialami anak – anak. Di siang hari, air mata mudah keluar dan menggangu penglihatannya.
7.Mengucek – ngucek mata
Ini merupakan salah satu pertanda mata lelah selain juga bisa merupakan tanda berbagai gangguan penglihatan. Kondisi – kondisi medis seperti alergi akibata peradangan pada mata juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan.
8.Memanfaatkan telunjuk saat membaca
Poin ini juga bisa menunjukan kalau anak sedang belajar membaca, akan tetapi bukan tidak mungkin ini merupakan gangguan pengliatan yang tidak diperbaiki, seperti amblyopia.
9.Kelewat peka terhadap cahaya
Anak – anak dengan gangguan exotropia, salah satu jenis strabismus. Ada kalanya ia memicingkan salah satu matanya ketika terkena cahaya matahari atau cahaya lampu yang terang.
10.Sering mengeluh sakit kepala
Rabun dekat yang segera tidak diperbaiki sering menimbulkan pusing atau sakit pada kening. Rasa sakit ini sebetulnya merupakan imbas dari usaha dari ekstrak anak untuk mengimbangi penglihatan yang kabur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar